Cara Merawat Laptop Agar Awet

Cara Merawat Laptop Agar Awet | seiring dengan berkembangnya media informasi dan teknologi, berimbas kepada kebutuhan masyarakat terutama pelajar terhadap media komputer, komputer dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Personal Computer (PC) dan Laptop. kepahaman akan praktis yang bisa dibawa kemanapun, dan tanpa memerlukan tempat yang besar, membuat laptop menjadi pilihan utama bagi masyarakat, terlebih lagi harga laptop yang semakin murah.

Cara Merawat Laptop Agar Awet

Namun hal ini juga berimbas pada kualitas laptop itu sendiri. Persaingan yang ketat antara produsen-produsen, membuat laptop dari semua merek mengurangi kualitas barang itu sendiri untuk mengejar biaya operasionalnya, akibatnya adalah kita sebagai masyarakat awam menjadi korbannya. kerusakan yang timbul bukan saja dari kualitas, namun dari bagaimana cara kita merawat dan menjaga laptop kita, sehingga kemungkinan kerusakan bisa diminimalisir.

Berikut adalah Cara Merawat Laptop Agar Awet :
  1. Pemakaian yang standart, artinya adalah laptop berbeda dengan PC yang kualitasnya lebih tangguh, lebih bisa dipakai nonstop, letak dari komponen-komponen laptop yang sangat berdekatan, akan memicu suhu panas yang tinggi, terlebih lagi dengan sirkulasi udara yang kurang, tentu saja akan menimbulkan kerusakan pada komponen yang tidak tahan akan panas yang berlebihan. Ada baiknya jika kita perlu untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan waktu yang sangat lama, dan program yang berat, kita sebaiknya menggunakan pc desktop sebagai alternatifnya.
  2. Tempatkan laptop pada tempat yang padat, artinya jangan sekali-kali laptop diletakan di atas kasur, bantal, atau tempat yang berbahan lentur, karena akan menghalangi sirkulasi udara dari laptop itu sendiri, hal ini memang sepele, namun justru banyak dilakukan terutama oleh pelajar, kecenderungan menggunakan sambil tidur-tiduran memang sangat santai, namun akan berakibat buruk pada keawetan laptop. Jika menggunakan laptop diatas kasur, berilah alas yang padat, bisalkan buku yang tebal sebagai alasnya, hal ini berfungsi agar sirkulasi udara tetap lancar 
  3. Banyak kasus ditumui yaitu baterai cepat Drop, banyak pendapat mengenai kasus ini, diantaranya adalah mencharge atau ngecas batter terlalu lama, hal ini ada benarnya juga, akibat sirkulasi udara yang tidak lancar pada laptop maka mengakibatkan suhu panas yang berlebih pada laptop, suhu panas inilah yang mengurangi kualitas dari baterai itu sendiri, banyak orang berpendapat kalau ingin menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya melepas baterai. Menurut saya ini malah keliru, bila tidak dipasang baterai, maka laptop akan sama seperti PC. Ketika mati listrik maka laptop akan ikutan mati, hal ini justru membahayak laptop kita, karena semua komponen didalam laptop memiliki aliran listrik. Lalu bagaimana  Cara Merawatan Baterai Laptop agar Awetsaran saya adalah tetaplah mencolokkan adapter ke laptop dengan baterai dipasang, untuk mengurangi suhu panas yang berlebih, bisa menggunakan coolingpad.
  4. Gunakan cover atau bungkus laptop agar laptop tidak rusak karena terbentur apabila dibawa menggunakan tas dan juga pastikan ketika membawa jangan sampai tertekan karena tas yang penuh, ini dapat merusak laptop itu sendiri, terutama bagian layar LCD.
  5. Updatelah antivirus anda secara rutin, berhati-hatilah dalam mendownload, banyaknya malware, virus, dan lain-lain yang terbesar di internet yang akan membuat system laptop anda terganggu, yang akan mengakibatkan laptop anda terasa lambat, antisipasinya adalah pasang antivirus dan update secara rutin, karena seberapapun banyaknya antivirus dan apapun antivirusnya, tanpa kita update secara rutin semua akan sia-sia.
  6. Jika anda akan membeli laptop, carilah tempat / toko yang menjamin garansi dari laptop itu ( belilah yang bergaransi resmi, ada kalanya harga lebih mahal, namun garansinya akan jelas), hal ini sangat saya sarankan, karna mengingat kualitas laptop yang beredar dipasaran sekarang sangat buruk, dengan membeli laptop yang bergaransi jelas, kita akan banyak menghemat uang jika ada masalah terhadap laptop kita.
Demikianlah beberapa Cara Merawat Laptop Agar Awet, awet atau tidaknya sebuah laptop tergantung pemakaian dan kualitas laptop itu sendiri, namun, apabila kita merawatnya dengan baik, maka meminimalisir terjadinya kerusakan.

Baca juga :
Cara Merawatan Baterai Laptop agar Awet
Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot saat Startup

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon